Calibrate Design and Editing

PROPOSAL BISNIS
Calibrate Design and Editing
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen pengampu : Dr. Drs. Sukirman, S.Pd, S.H, MM.



Kelas  4-D
Disusun oleh :
Muhammad Yusrul Hana      201511274




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

MANAGEMENT
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017


KATA PENGANTAR

Alhamdulilah,Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan karunianya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal bisnis ini pada waktu yang telah di tentukan dan proposal ini sebagai syarat salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan yang berjudul “Calibrate Design and Editing”.
Penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna, sehingga penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca agar pembuatan proposal selanjutnya menjadi lebih baik. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam proses pembuatan proposal bisnis ini,sehingga proposal ini dapat selesai tepat pada waktunya. Semoga ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan kritik serta saran sangat kami butuhkan demi kesempurnaan proposal ini.
                                                                                                                       
Kudus, 31 Maret 2017


Muhammad Yusrul Hana


ABSTRAKSI

PROPOSAL BISNIS : CALIBRATE DESIGN AND EDITING

Oleh
Muhammad Yusrul Hana
201511274

Calibrate Design and Editing merupakan usaha kelompok yang masuk dalam kategori industri kreatif dan bergerak dalam bidang jasa penyedia design dan editing. Usaha ini merupakan salah satu wadah kreativitas mahasiswa yang mempunyai suatu keahlian dalam hal desain grafis yang dituangkan menjadi lapangan kerja. Karena usaha ini termasuk dalam industri kreatif, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan tingkat kekreatifan dan inovasi yang tinggi, hal itu dikarena tingkat kepuasan dalam terhadap permintaan para pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha ini. Design dan Editing yang ditawarkan merupakan design dan editing modern yang sudah menggunakan teknologi komputer dan software, sehingga hasil design dan editingnya memiliki kualitas yang baik dan rapi. Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini dengan harga yang semakin murah, menyebabkan semakin banyak masyarakat yang memakai dan memanfaatkan teknologi tersebut. Sehingga permintaan akan design grafis akan selalu meningkat pula seiringan dengan berkembangnya teknologi. Semua golongan masyarakat di era modern ini sangatlah membutuhkan design dan editing grafis untuk menunjang kegiatannya, baik kegiatan untuk kepentingan akademis ataupun untuk kepentingan penunjang bisnisnya. Target market dan market shared yang cukup menjanjikan inilah yang mendasari saya untuk mendirikan Calibrate design and editing ini. Dengan promosi melalu brousur, mulut ke mulut serta yang paling intensif sekarang yaitu melalui sosial media. Sosial media pada era sekarang memiliki peran  yang penting dalam menunjang keeksistensian dan pengenalan suatu produk. Selain itu  melakukan diversifikasi produk, harga yang bersaing serta tempat yang stategis membuat nilai positif dalam perkembangan usaha ini. Dengan faktor pendukung yang sudah ada, dan ditunjang dengan keuanganya yang memadai, usaha ini diharap nantinya memiliki potensi yang sangat menjanjikan dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik.

Kata kunci : Design and Editing, Calibrate, Teknologi.


DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Abstarksi................................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
Latar Belakang................................................................................................. 1
Konsep Usaha.................................................................................................. 1
Visi Misi.......................................................................................................... 2
BAB II PROFIL USAHA....................................................................................... 3
BAB III STRUKTUR ORGANISASI................................................................... 4
Pemilik Usaha.................................................................................................. 4
Kualifikasi Keterampilan Dan Pendidikan...................................................... 4
Jumlah Karyawan............................................................................................ 4
BAB IV PRODUK USAHA................................................................................... 5
Jenis Dan Macam Produk................................................................................ 5
Peralatan Yang Dibutuhkan............................................................................. 5
Pembuatan Produk........................................................................................... 6
Keunggulan Produk......................................................................................... 7
BAB V ASPEK PEMASARAN............................................................................. 8
Target Dan Segmentasi Pasar.......................................................................... 8
Faktor Kompetitif............................................................................................ 9
Rencana Penjualan........................................................................................... 9
Analisis SWOT................................................................................................ 11
BAB VI RENCANA PENJUALAN...................................................................... 14
Investasi Yang Diperlukan.............................................................................. 14
Sumber Modal................................................................................................. 15
Perhitungan Arus Kas...................................................................................... 15
BAB VII PENUTUP............................................................................................... 16
BAB VIII LAMPIRAN.......................................................................................... 17
Denah Lokasi Kantor....................................................................................... 17
Identitas Ktp Pemilik Usaha............................................................................ 17
Logo Usaha...................................................................................................... 18
Banner Usaha................................................................................................... 19
Tempat Usaha.................................................................................................. 20
Aplikasi Yang Digunakan............................................................................... 21
Contoh Hasil Design Yang Pernah Dibuat...................................................... 23
           


BAB I PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Calibrate Design and Editing merupakan usaha kelompok yang masuk dalam kategori industri kreatif dan bergerak dalam bidang jasa penyedia design dan editing. Usaha ini merupakan salah satu wadah kreativitas mahasiswa yang mempunyai suatu keahlian dalam hal desain grafis yang dituangkan menjadi lapangan kerja yang dapat bekerja tanpa adanya tekanan. Kami hadir untuk memberikan solusi pembuatan design dan editing mulai dari perancangan hingga hasil printingnya, kami menawarkan desain dan editing dengan harga terjangkau untuk kalangan kecil dan menengah dengan waktu pengerjaan yang relatif cepat untuk mendapatkan desain dan editing yang baik, bagus, profesional, dan elegan.
Prospek usaha  ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan desain untuk memperkenalkan atau menunjang bisnis atau pekerjaannya, sekaligus untuk membuktikan ‘keeksisan’ usaha mereka kepada masyarakat. Apalagi sekarang ini jejaring sosial di internet sangat berkembang pesat dan sebuah design yang menarik merupakan bukti bahwa sebuah usahanya kreatif dan eksis. Kemudian saat ini juga banyak usaha baru yang mulai memikirkan secara serius ‘identity’ mereka yang membuat usaha tersebut terlihat unik di masyarakat sehingga bisa dikenal dengan lebih baik. Itulah mengapa kami juga melayani pembuatan ‘corporate identity’ yang meliputi pembuatan logo, kop surat, desain sampul surat, dan kartu nama. Apa keuntungan yang didapat perusahaan dengan menggunakan jasa kami? Tentu saja mereka menjadi lebih memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi lebih dikenal masyarakat karena keunikannya.

B.     KONSEP USAHA
Usaha yang saya rencanakan dan ingin saya realisasikan ini adalah sebuah usaha jasa design dan editing. Usaha ini termasuk dalam industri kreatif, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan tingkat kekreatifan dan inovasi yang tinggi, hal itu dikarena tingkat kepuasan dalam terhadap permintaan para pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha ini. Design dan Editing yang saya tawarkan merupakan design dan editing modern yang sudah menggunakan teknologi komputer dan software, sehingga hasil design dan editingnya memiliki kualitas yang baik dan rapi.

C.    VISI MISI
Visi : Menjadikan Calibrate Design and Editing sebagai usaha industri kreatif, inovatif, selalu up to date dan bonafide
Misi :
1.      Mengembangkan keahlian dengan mengajak pemuda untuk berbisnis design editing sehingga ikut perpartisipasi dalam pembangunan industri kreatif di Indonesia.
2.      Mengutamakan kepuasan pelanggan, dan ketepatan waktu pengerjaan hingga jadi hasil akhir.
3.      Menjadi percontohan kepada Industri kreatif lainnya, dan selalu terdepan serta terbarukan.



BAB II PROFIL USAHA

Nama Usahan             : Calibrate Design and Editing
Jenis Usaha                 : Jasa Design dan Editing
Lokasi Usaha              : Jalan KH. Agus Salim No 29A, Wergu Kulon RT1/1, Kudus
                                      (Lokasi terlampir di lembar lampiran)



BAB III STRUKTUR ORGANISASI



A.    PEMILIK USAHA
Usaha Calibrate Design and Editing ini didirikan dan dimiliki oleh Muhammad Yusrul Hana, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus angkatan 2015.

B.     KUALIFIKASI KETERAMPILAN DAN PENDIDIKAN
Dalam kualifikasi keterampilan dan pendidikan, saya selaku pemilik menerapkan standart persyaratan kerja di Calibrate Design and Editing ini yaitu :
1.      Pria/Wanita.
2.      Minimium Pendidikan SMA/SMK, dengan keahlian/bakat/jurusan Design, Broadcasting, Animasi. Dengan rata-rata nilai ijazah minimum 8.0
3.      Bisa mengoperasikan Komputer
4.      Menguasai software Editing : Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Premiere, dll
5.      Berpenampilan menarik, mau kerja keras, kreatif dan berinovasi.
6.      Usia minimal 17 Tahun, maksimal 40 Tahun.

C.    JUMLAH KARYAWAN
Dalam usaha ini untuk awal pendirian sekiranya membutuhkan kurang lebih 2 orang karyawan, dan untuk kedepannya saya berharap makin banyak karyawan yang bekerja sama dengan Calibrate Design and Editor. Untuk Job Descriptionsnya meliputi bagian kasir/pelayan customers, bagian design editor.
1.      Bagian Kasir/Pelayaan Customers
Nama karyawan : Muhammad Yusrul Hana
2.      Bagian Design Editor
Nama Karyawan : (1) Muhammad Yusrul Hana
                              (2) Fakhrizal Novianto



BAB IV PRODUK USAHA

A.    JENIS DAN MACAM PRODUK
Jenis atau macam produk yang dihasilkan oleh Calibrate Design and Editing meliputi :
1.      Editing Foto/Video Digital dari berbagai media seperti CD, Flash Disk, Handphone, Memo Card, Kamera Digital, Scanner dan media penyimpanan lainnya.
2.      Design Kartu nama
Menghasilkan design kartu nama yang bagus dan design sesuai permintaan pelanggan.
3.      Design Kop Surat dan Amplop
4.      Design Sertifikas, Piagam
5.      Design Label, Cover CD, Cover Buku
6.      Design Brousur, Pamflet, Banner
7.      Design Animation Vector, dll

B.     PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Peralatan dan barang pendukung dalam usaha digital editing antara lain :
1.      Laptop ASUS A45SJ (spesifikasi : Intel i3 2330, RAM 4GB, HDD 500GB, DVD RW, Card Reader, Bluetooh)
2.      Mouse,
3.      Scanner,
4.      Cable data,
5.      Table daftar ukuran kertas.
6.      Software design editing
7.      Meja
8.      Kursi
Identifikasi sumber tempat membeli dan mendapatkan barang-barang tersebut :
1.      Toko komputer dan aksesoris.
2.      Toko mebel
3.      Toko retail penjual aplikasi design editing
4.      Download Internet hanya khusus daftar ukuran kertas

C.    PEMBUATAN PRODUK
Proses dan Tahap Produksi serta Operasi
1.      Rencana persiapan pelaksanaan
Rencana pelaksaan yaitu reaktualisasi potensi dan masalah, persiapan administrasi dan komunikasi, konsolidasi tim serta menghubungi mitra usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah satu bulan.
2.      Reaktualisasi Potensi dan Pesaing
Selang waktu antara usulan kegiatan, maka diperlukan data aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di Kudus yang menjalankan bisnis design dan editing.
3.      Persiapan Administrasi, Peralatan dan Komunikasi
Membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi, produksi dan  alat komunikasi.
4.      Menghubungi Mitra Usaha
Mitra usaha berasal dari mereka yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan design editing dan digital printing. (Kerja sama, dengan syarat tertentu. Misal jika mitra usaha mengalami over order, Calibrate Design and Editing bisa membantu dalam penyelesaian orderan tersebut)
5.      Promosi
Promosi awal dilakukan dengan pembuatan brousur, dan menyebarkannya di sekolah kampus dan pusat keramaian, serta melalui sms dan disebarkan ke teman-teman yang akhirnya menjadi iklan mulut ke mulut.
6.      Produksi
Pelanggan membawa file dari flashdisk/memory card/alat penyimpan lainnya, pelanggan membawa sketsa atau gambaran design yang diminta, pelanggan juga bisa mendownload gambar dari internet contoh design yang diminta, selain itu Calibrate Design and Editing juga menyediakan template atau saran design yang bagus agar memudahkan pelanggan dalam menentukan konsep designnya, tahap selanjutnya setelah sudah menentuka design yang dipilih lalu data yang sudah masuk kemudian diproses/ditransfer ke komputer lalu di edit sesuai permintaan dari pelanggan. Pelanggan minimal harus membayar Down Payment (DP) dari design yang dipesan sebagai penjamin terhadap pesannnya.


7.      Hasil Akhir Produksi
File design atau editing yang sudah jadi akan diberikan kepada pelanggan dalam bentuk softfile sesuai design dan ukuran yang dipesan. Selanjutnya pelanggan bisa melunasi sisa pembayaran di bagian kasir.
8.      Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 minggu sekali. Evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan.

D.    KEUNGGULAN PRODUK
Produk jasa yang saya tawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yaitu:
1.      Proses pengerjaan design menggunakan teknologi komputer sehingga lebih rapi dan lebih inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
2.      Waktu pengerjaan relatif cepat dan mudah (tergantung design yang diminta konsumen).
3.      Design dan Editing dapat menyesuaikan sesuai dengan permintaan pelanggan.
4.      Design yang ditawarkan selalu up to date atau mengikuti trend mode.
5.      Biaya cukup relatif murah dan adanya diskon untuk pemesanan tertentu, dengan syarat yang berlaku.
6.      Pelanggan bisa komplain terhadap hasil yang kurang memuaskan pada saat proses editing dan design belum sampai tahap finishing atau jatuh tempo design jadi.



BAB V ASPEK PEMASARAN

A.    TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
Profil Target Konsumen
1.      Masyarakat yang saat ini banyak menggunakan kamera digital, hand phone, atau handycam untuk mendokumentasikan kejadian-kejadian atau kegiatan kegiatan yang dilakukannya baik individu maupun organisasi seperti acara seminar, pernikahan, pelatihan, pameran, atau launching suatu produk.
2.      Pelajar sekolah/mahasiswa mengadakan acara-acara sekolah/kampus yang membutuhkan  kartu nama dan lain-lain.
3.      Perusahaan yang membutuhkan media promosi untuk produknya, seperti kartu nama, brousur, dan poster.
Potensi dan Segmentasi Pasar
1.      Potensi Pasar
·         Kalangan anak muda, instansi, kampus, sekolah. Itu semua sebagai pasar yang produktif dalam membuat kegiatan yang membutuhkan jasa design grafis dan editing.
·         Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini dengan harga yang semakin murah, menyebabkan semakin banyak masyarakat yang memakai dan memanfaatkan teknologi tersebut. Sehingga permintaan akan design grafis akan selalu meningkat.
·         Di era informasi seperti sekarang ini, perusahaan-perusahaan juga akan semakin banyak yang memanfaatkan jasa disign grafis dan editing dalam menunjang produk-produknya, karena dalam bisnis ini dapat memesan tanpa minimum order serta design yang dapat diatur sehingga  pelanggan bias memesan sesuai kebutuhan dan sifatnya juga fleksibel.
2.      Segmentasi Pasar
Segmen utamanya adalah mahasiswa UMK, mahasiswa dari kampus disekitar Kudus, sekolah-sekolah yang ada di Kudus, pertokoan, perusahaan, dan instansi.


B.     FAKTOR KOMPETITIF
Pesaing dan Peluang Pasar
No
Nama Pesaing
Produk yang ditawarkan
1
Makro Studio
Studio dan Cetak Foto
2
Rumah Foto Grafi
Studio dan Cetak Foto
3
Vista Johar
Design dan Printing
4
Laras Printing
Editing dan Printing
1.      Pesaing





2.      Peluang Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, dan masih memiliki peluang yang cukup besar juga. Dengan hal tersebut saya menyadarai bahwa dengan tempat yang strategis, design yang selalu inovatif/up to date, serta harga yang dapat bersaing menjadi peluang untuk bisa bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.

C.    RENCANA PENJUALAN
1.      Tahap Promosi Produk
Media-media promosi produk ini yaitu melalui;
·         Selembaran/Brousur
Membuat selembaran untuk dibagikan di tempat-tempat yang biasanya di kunjungi masyarakat atau tempat keramaian seperti di kampus UMK, di toko-toko fotocopy, Indomart/Alfamart dan lain-lain, dengan cara memberikan penawaran berupa diskon untuk memperkenalkan hasil produksi.
·         Promosi Langsung (word of mouth)
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, minta referensi dari pelanggan yang biasanya menggunakan layanan design dan editing, serta dengan melakukan pendekatan melalui pengelola instasi atau sekolah serta memberikan berupa bonus bagi yang bisa memasarkan produk sesuai ketentuan.
·         Melalui Sosial Media atau  Internet
Mengirim postingan/kiriman/memasang iklan di facebook, instagram serta di media lainnya mengenai jasa yang ditawarkan.

2.      Target atau Rencana Pemasaran
Rencana penjualan selama 1 tahun adalah terjual produk sebanyak –banyaknya. Adapun target saya menjadikan beberapa tahap pencapaian setelah melihat segmen yang saya bidik:
a.    Triwulan pertama
1.      Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan.
2.      Membangun brand Calibrate Design and Editing.
3.      Promosi di sekitar kampus.
b.   Triwulan kedua dan ketiga
1.      Pendekatan ke instansi.
2.      Mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
c.    Triwulan keempat dan kelima
1.    Mempertahankan target triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkannya.
2.     Memperkuat brand Calibrate Design and Editing.
3.     Pendekatan ke instansi dan perusahaan.
4.     Mempertahankan pelanggan.
d.   Triwulan keenam
1.    Mempertahankan triwulan pertama sampai kelima dan meningkatkannya
2.    Mempertahankan pelanggan
3.    Brand Calibrate Design and Editing benar-benar kuat di kawasan Kudus, dan sekitarnya
4.    Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan pengembangan usaha
Adapun strategi yang ingin diterapkan yaitu;
1.   Diversifikasi Produk
Mencoba meghadirkan bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada,, yaitu dengan melakukkan inovasi melalui desain yang tidak hanya kreatif, enak dilihat, tetapi juga desain yang memiliki nilai jual (ekslusif), inovasi dalam bagian pemesanan, yang biasanya pelanggan dibatasi minimum pemesanan, di Calibrate Design and Editing ini tidak dibatasi minimum pemesanan. Dengan inovasi teresebut diharap Calibrate Design and Editing mempunyai prospek kedepan yang bagus
2.   Tempat
Memilih tempat yang strategis karena dikelilingi instansi-instansi , sekolah-sekolah, pusat keramaian, pertokoan dan cukup dekat dengan pasar dan kampus.
3.   Strategi Pelayanan
·      Melayani pesanan melalui telepon/WA/email/direct message via sosmed
File yang akan didesign/edit bisa dikirim lewat email tanpa harus datang ke kantor Calibrate Design and Editing.
·      Menyediakan konsultasi tentang desain. (contoh design sudah terdapat dimajalah design dikantor Calibrate Design and Editing, namun contoh juga bisa dikirim melalui email supaya pelanggan tidak harus datang ke kantor)
·      Memberikan diskon produk (syarat berlaku).
·      File yang sudah jadi bisa dikirim ke email pelanggan, tanpa harus pelanggan itu datang ke kantor Calibrate Design and Editing.
·      DP atau pelunasan pembayaran bisa dibayar cast dikantor Calibrate Design and Editing atau bisa juga melalui transfer.
·      Biaya rendah ,Strategi ini bukan berarti mengurangi margin laba tetapi saya mencoba untuk mempertahankan pelanggan yang lama agar tidak berpindah ke produsen lain (mengikat pelanggan).

D.    ANALISIS SWOT
1.      Strengths (Kekuatan)
Suatu keunggulan sumber daya, keterampilan atau kemampuan lain terhadap pesaingan dan kebutuhan pasar yang dilayani, untuk kekuatan dari Calibrate design and editing yaitu :
·         Menggunakan aplikasi terkini dan terupdate dalam mendesign.
·         Memiliki beraneka ragam konsep design baik dari konsep creator atau dari sumber internet.
·         Memiliki sumber daya manusia yang berkompeten di bidang design grafis.
·         Proses pengerjaan design menggunakan teknologi komputer sehingga lebih rapi dan lebih inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
·         Waktu pengerjaan relatif cepat dan mudah (tergantung design yang diminta konsumen).
·         Design dan Editing dapat menyesuaikan sesuai dengan permintaan pelanggan.
·         Design yang ditawarkan selalu up to date atau mengikuti trend mode.
·         Biaya cukup relatif murah dan adanya diskon untuk pemesanan tertentu, dengan syarat yang berlaku.
·         Pelanggan bisa komplain terhadap hasil yang kurang memuaskan pada saat proses editing dan design belum sampai tahap finishing atau jatuh tempo design jadi.
2.      Weakness (Kelemahan)
Keterbatasan yang terdapat dalam Calibrate design and editing, dan masih menjadi kelemahan dalam keberlangsungan usaha :
·         Usaha yang masih kecil, minim permodalan sehingga berkembangan usahanya tidak bisa cepat.
·         Rata-rata sumber daya manusia atau pekerja memiliki keahlian design dari proses belajar ototidak/belajar sendiri.
·         Jumlah karyawan yang masih sedikit.
·         Banyaknya kompetitor disekitar tempat usaha.
·         Pemilik, dan karyawan pendukung design dan editing yang masih berstatus mahasiswa, sehingga jam kerja belum tentu menyesuaikan waktu luang.
3.      Oportunities (Peluang)
Situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan usaha pada Calibrate design and editing yaitu :
·         Usaha cukup fleksibel.
·         Kecilnya biaya promosi, karena promosi lebih berpusat pada sosial media.
·         Usaha ini selalu dibutuhkan bagi semua kalangan masyarakat.
·         Lokasi yang strategis dekat pusat keramaian.
·         Relasi yang luas sehingga memudahkan untuk mencari konsumen.
4.      Threats (Ancaman)
Situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan usaha meliputi :
·         Pesaing atau kompetitor yang banyak dan profesional.
·         Kompetitor berani menawarkan promo dan iklan yang besar.
·         Kompetitor juga menyediakan jasa printing juga, meskipun bagian editing sebenarnya masih minim.
·         Susahnya untuk berkembang jika modalnya terbatas.





BAB VI RENCANA PENJUALAN

A.    INVESTASI YANG DIPERLUKAN (KEBUTUHAN MODAL DISERTAI PERHITUNGANNYA)
·         Proyeksi Investasi yang diperlukan dalam Satu Tahun :
No
Investasi yang Diperlukan
Frek
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
2
3
4
5
6

7
8
Laptop ASUS A45SJ
Scanner
Meja
Kursi
Alat Tulis
Kumpulan software deign dan editor
Mouse
Kabel Data
3
1
3
5
1
1

3
2
5.100.000
1.000.000
400.000
250.000
150.000
200.000

30.000
15.000
15.300.000
1.000.000
1.200.000
1.250.000
150.000
200.000

90.000
30.000
Total Investasi yang Diperlukan
 19.220.000







   

·         Biaya operasional per bulan
Gaji Pegawai                                                           : Rp 800.000,-
Listrik                                                                      : Rp   80.000,-
Biaya Promosi                                                         : Rp 100.000,-
Total                                                                        Rp 980.000,-
·         Omset per bulan
Rata-rata penjualan design  perhari Rp 60.000,- x 30 Hari = Rp 1.800.000,-
·         Laba bersih per bulan
Rp 1.800.000,- - Rp 980.000,- = Rp 820.000,-
·         BEP
(Modal awal : Laba bersih per bulan) Rp 19.220.000,- : Rp 820.000,- = 24 Bulan



B.     SUMBER MODAL
Sumber modal awal pendirian usaha ini yaitu dengan melakukan pinjaman pada Bank/Koperasi dengan jangka pinjaman 2 Tahun.

C.    PERHITUNGAN ARUS KAS
1.      Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP)
Karena harga dari design dan editing ini bervariasi tergantung design yang diminta, kesulitan pengerjaan dan lama proses designnya. Jadi harga desain grafis tidak bisa ditentukan, tergantung jenis desain masing-masing. Untuk harga pada Calibrate Design and Editing, saya akumulasikan untuk harga design editing berkisar mulai Rp 30.000,- sampai dengan Rp 150.000,- (harga menyesuaikan tingkat kesulitan design yang diminta)
2.      Proyeksi Laba/Rugi
Usaha ini sangatlah menggiurkan jika pesanan banyak, dengan harga per design adalah sekitar Rp 30.000,- sampai dengan Rp 150.000,- . Misalnya dengan 1 hari Calibrate Design and Editing menghasilkan pendapatan minimum Rp 60.000,- X 30 Hari = Rp 1.800.000,- ,dikurangi dengan biaya operasional selama 1 bulan Rp 980.000,- , dengan begitu laba bersih yang didapat adalah Rp 820.000,-/bulan.  Dengan total modal Rp 19.220.000,- dalam 24 Bulan saja Calibrate Design and Editing sudah bisa balik modal (Rp 820.000,- X 24 Bulan = Rp 19.680.000,-). Jadi dapat disimpulkan jika sumber dana diperoleh dari pinjaman Bank dalam tempo pinjaman selama 2 Tahun, maka dalam waktu belum ada 2 Tahun, Calibrate Design and Editing sudah bisa melunasi pinjaman tersebut termasuk melunasi bunga pinjamannya. Jadi bisa dikatakan Calibrate Design and Editing akan mengalami Laba yang optimum setelah 2 tahun pelunasan pinjaman modal tersebut, hal itu bisa terjadi jika perencanaan tersebut dapat terealisasikan sesuai rencana. Laba yang ada akan dipergunakan untuk mengembangan bisnis supaya lebih kompetitif, lebih lengkap dan menjadi usaha Design dan Editing terbaik dan terpercaya.



BAB VII PENUTUP

Calibrate Design and Editing merupakan usaha bisnis yang terpercaya, mengutamakan kepuasan dan permintaan pelanggan. Selain itu calibrate juga selalu berkomitmen pada misi dan visinya seperti yang tertera diatas, yang intinya Calibrate Design and Editing berkomitmen untuk menjadi usaha industri kreatif, inovatif, selalu up to date dan bonafide. Harapan saya dengan komitmen Calibrate Design and Editor itu sendiri ditambah peluang pasar yang selalu terbuka dan permintaan yang selalu meningkat, saya yakin bisnis ini bisa fleksibel dan selalu ikut andil dalam pemajuan industri kreatif di Indonesia dan menjadi penyumbang perekonomian di Indonesia.





0 comments: