PROPOSAL BISNIS
“Calibrate
Design and Editing”
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen pengampu : Dr. Drs. Sukirman,
S.Pd, S.H, MM.
Kelas 4-D
Disusun oleh :
Muhammad Yusrul
Hana 201511274
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MANAGEMENT
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
2017
KATA PENGANTAR
Alhamdulilah,Segala puji bagi Allah
SWT yang telah memberikan kesempatan dan karunianya, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan proposal bisnis ini pada waktu yang telah di tentukan dan proposal
ini sebagai syarat salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan yang berjudul “Calibrate
Design and Editing”.
Penyusunan proposal ini masih jauh
dari sempurna,
sehingga
penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca agar pembuatan proposal selanjutnya
menjadi lebih baik. Dan
kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam proses
pembuatan proposal bisnis ini,sehingga proposal ini dapat selesai tepat pada
waktunya. Semoga ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan kritik serta saran
sangat kami butuhkan demi kesempurnaan proposal ini.
Kudus, 31 Maret 2017
Muhammad
Yusrul Hana
ABSTRAKSI
PROPOSAL BISNIS : CALIBRATE
DESIGN AND EDITING
Oleh
Muhammad Yusrul Hana
201511274
Calibrate Design
and Editing merupakan usaha kelompok yang masuk dalam kategori industri kreatif
dan bergerak dalam bidang jasa penyedia design dan editing. Usaha ini merupakan
salah satu wadah kreativitas mahasiswa yang mempunyai suatu keahlian dalam hal
desain grafis yang dituangkan menjadi lapangan kerja. Karena usaha ini termasuk
dalam industri kreatif, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan tingkat
kekreatifan dan inovasi yang tinggi, hal itu dikarena tingkat kepuasan dalam
terhadap permintaan para pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha ini.
Design dan Editing yang ditawarkan merupakan design dan editing modern yang
sudah menggunakan teknologi komputer dan software, sehingga hasil design dan
editingnya memiliki kualitas yang baik dan rapi. Pesatnya perkembangan
teknologi digital saat ini dengan harga yang semakin murah, menyebabkan semakin
banyak masyarakat yang memakai dan memanfaatkan teknologi tersebut. Sehingga
permintaan akan design grafis akan selalu meningkat pula seiringan dengan berkembangnya
teknologi. Semua golongan masyarakat di era modern ini sangatlah membutuhkan
design dan editing grafis untuk menunjang kegiatannya, baik kegiatan untuk
kepentingan akademis ataupun untuk kepentingan penunjang bisnisnya. Target
market dan market shared yang cukup menjanjikan inilah yang mendasari saya
untuk mendirikan Calibrate design and editing ini. Dengan promosi melalu
brousur, mulut ke mulut serta yang paling intensif sekarang yaitu melalui sosial
media. Sosial media pada era sekarang memiliki peran yang penting dalam menunjang keeksistensian dan pengenalan suatu produk.
Selain itu melakukan diversifikasi
produk, harga yang bersaing serta tempat yang stategis membuat nilai positif
dalam perkembangan usaha ini.
Dengan faktor pendukung yang sudah ada, dan ditunjang dengan keuanganya yang
memadai, usaha ini diharap nantinya memiliki potensi yang sangat menjanjikan
dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik.
Kata kunci : Design
and Editing, Calibrate, Teknologi.
DAFTAR
ISI
Cover
Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Abstarksi................................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
Latar
Belakang................................................................................................. 1
Konsep
Usaha.................................................................................................. 1
Visi
Misi.......................................................................................................... 2
BAB
II PROFIL USAHA....................................................................................... 3
BAB
III STRUKTUR ORGANISASI................................................................... 4
Pemilik
Usaha.................................................................................................. 4
Kualifikasi
Keterampilan Dan Pendidikan...................................................... 4
Jumlah
Karyawan............................................................................................ 4
BAB
IV PRODUK USAHA................................................................................... 5
Jenis
Dan Macam Produk................................................................................ 5
Peralatan
Yang Dibutuhkan............................................................................. 5
Pembuatan
Produk........................................................................................... 6
Keunggulan
Produk......................................................................................... 7
BAB
V ASPEK PEMASARAN............................................................................. 8
Target
Dan Segmentasi Pasar.......................................................................... 8
Faktor
Kompetitif............................................................................................ 9
Rencana
Penjualan........................................................................................... 9
Analisis
SWOT................................................................................................ 11
BAB
VI RENCANA PENJUALAN...................................................................... 14
Investasi
Yang Diperlukan.............................................................................. 14
Sumber
Modal................................................................................................. 15
Perhitungan
Arus Kas...................................................................................... 15
BAB
VII PENUTUP............................................................................................... 16
BAB
VIII LAMPIRAN.......................................................................................... 17
Denah
Lokasi Kantor....................................................................................... 17
Identitas
Ktp Pemilik Usaha............................................................................ 17
Logo
Usaha...................................................................................................... 18
Banner
Usaha................................................................................................... 19
Tempat
Usaha.................................................................................................. 20
Aplikasi
Yang Digunakan............................................................................... 21
Contoh
Hasil Design Yang Pernah Dibuat...................................................... 23
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Calibrate Design and Editing merupakan usaha kelompok yang masuk dalam
kategori industri kreatif dan bergerak dalam bidang jasa penyedia design dan editing. Usaha ini merupakan salah satu wadah kreativitas mahasiswa
yang mempunyai suatu keahlian dalam hal desain grafis yang dituangkan menjadi
lapangan kerja yang dapat bekerja tanpa adanya tekanan. Kami hadir untuk
memberikan solusi pembuatan design dan editing mulai dari perancangan
hingga hasil printingnya, kami menawarkan desain dan editing dengan harga
terjangkau untuk kalangan kecil dan menengah dengan waktu pengerjaan yang
relatif cepat untuk mendapatkan desain dan editing yang baik, bagus,
profesional, dan elegan.
Prospek
usaha ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan
desain untuk memperkenalkan atau menunjang bisnis atau pekerjaannya, sekaligus
untuk membuktikan ‘keeksisan’ usaha mereka kepada masyarakat. Apalagi sekarang
ini jejaring sosial di internet sangat berkembang pesat dan sebuah design yang menarik merupakan bukti
bahwa sebuah usahanya kreatif dan eksis. Kemudian saat ini juga banyak usaha
baru yang mulai memikirkan secara serius ‘identity’
mereka yang membuat usaha tersebut terlihat unik di masyarakat sehingga bisa
dikenal dengan lebih baik. Itulah mengapa kami juga melayani pembuatan ‘corporate identity’ yang meliputi
pembuatan logo, kop surat, desain sampul surat, dan kartu nama. Apa keuntungan
yang didapat perusahaan dengan menggunakan jasa kami? Tentu saja mereka menjadi
lebih memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi lebih dikenal masyarakat
karena keunikannya.
B. KONSEP
USAHA
Usaha
yang saya rencanakan dan ingin saya realisasikan ini adalah sebuah usaha jasa design dan editing.
Usaha ini termasuk dalam industri kreatif, dalam usaha ini sangatlah mengutamakan
tingkat kekreatifan dan inovasi yang tinggi, hal itu dikarena tingkat kepuasan
dalam terhadap permintaan para pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha
ini. Design dan Editing yang saya tawarkan merupakan design dan editing modern
yang sudah menggunakan teknologi komputer dan software, sehingga hasil design dan editingnya memiliki kualitas yang baik dan rapi.
C. VISI
MISI
Visi : Menjadikan Calibrate Design and Editing sebagai
usaha industri kreatif, inovatif, selalu up
to date dan bonafide
Misi
:
1.
Mengembangkan
keahlian dengan mengajak pemuda untuk berbisnis design editing sehingga ikut perpartisipasi dalam pembangunan
industri kreatif di Indonesia.
2.
Mengutamakan
kepuasan pelanggan, dan ketepatan waktu pengerjaan hingga jadi hasil akhir.
3.
Menjadi
percontohan kepada Industri kreatif lainnya, dan selalu terdepan serta
terbarukan.
BAB II PROFIL USAHA
Nama Usahan : Calibrate Design and Editing
Jenis Usaha :
Jasa Design dan Editing
Lokasi Usaha :
Jalan KH. Agus Salim No 29A, Wergu Kulon RT1/1, Kudus
(Lokasi terlampir di lembar lampiran)
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
A.
PEMILIK USAHA
Usaha Calibrate
Design and Editing ini didirikan dan dimiliki oleh Muhammad Yusrul Hana,
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus angkatan 2015.
B.
KUALIFIKASI KETERAMPILAN
DAN PENDIDIKAN
Dalam kualifikasi keterampilan dan pendidikan, saya
selaku pemilik menerapkan standart persyaratan kerja di Calibrate Design and Editing ini yaitu :
1.
Pria/Wanita.
2.
Minimium Pendidikan SMA/SMK, dengan
keahlian/bakat/jurusan Design, Broadcasting, Animasi. Dengan rata-rata nilai
ijazah minimum 8.0
3.
Bisa mengoperasikan Komputer
4.
Menguasai software
Editing : Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Premiere,
dll
5.
Berpenampilan menarik, mau kerja keras, kreatif dan
berinovasi.
6.
Usia minimal 17 Tahun, maksimal 40 Tahun.
C.
JUMLAH KARYAWAN
Dalam usaha ini untuk awal pendirian sekiranya
membutuhkan kurang lebih 2 orang karyawan, dan untuk kedepannya saya berharap
makin banyak karyawan yang bekerja sama dengan Calibrate Design and Editor. Untuk Job Descriptionsnya meliputi bagian kasir/pelayan customers, bagian
design editor.
1.
Bagian Kasir/Pelayaan Customers
Nama karyawan : Muhammad
Yusrul Hana
2.
Bagian Design
Editor
Nama Karyawan : (1)
Muhammad Yusrul Hana
(2) Fakhrizal Novianto
BAB IV PRODUK USAHA
A. JENIS DAN MACAM PRODUK
Jenis atau macam produk yang dihasilkan oleh Calibrate Design and Editing meliputi :
1.
Editing
Foto/Video Digital dari berbagai media seperti CD, Flash Disk, Handphone, Memo
Card, Kamera Digital, Scanner dan
media penyimpanan lainnya.
2.
Design
Kartu nama
Menghasilkan
design kartu nama yang bagus dan design sesuai permintaan pelanggan.
3.
Design
Kop Surat dan Amplop
4.
Design Sertifikas, Piagam
5.
Design
Label, Cover CD, Cover Buku
6.
Design
Brousur, Pamflet, Banner
7.
Design Animation Vector, dll
B. PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Peralatan dan barang pendukung dalam
usaha digital editing antara lain :
1.
Laptop
ASUS A45SJ (spesifikasi : Intel i3 2330, RAM 4GB, HDD 500GB, DVD RW,
Card Reader, Bluetooh)
2.
Mouse,
3.
Scanner,
4.
Cable data,
5.
Table daftar ukuran kertas.
6.
Software design editing
7.
Meja
8.
Kursi
Identifikasi sumber tempat membeli dan mendapatkan barang-barang tersebut :
1.
Toko
komputer dan aksesoris.
2.
Toko mebel
3.
Toko retail penjual aplikasi design editing
4.
Download Internet hanya khusus
daftar ukuran kertas
C. PEMBUATAN PRODUK
Proses dan Tahap Produksi serta Operasi
1.
Rencana
persiapan pelaksanaan
Rencana pelaksaan yaitu reaktualisasi potensi
dan masalah, persiapan administrasi dan komunikasi, konsolidasi tim serta
menghubungi mitra usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah
satu bulan.
2.
Reaktualisasi
Potensi dan Pesaing
Selang waktu antara usulan kegiatan, maka
diperlukan data aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di Kudus yang
menjalankan bisnis design dan editing.
3.
Persiapan
Administrasi, Peralatan dan Komunikasi
Membeli peralatan yang dibutuhkan dalam
kegiatan administrasi, produksi dan alat komunikasi.
4.
Menghubungi
Mitra Usaha
Mitra usaha berasal dari mereka yang
mempunyai bisnis yang berhubungan dengan design editing dan digital printing. (Kerja sama, dengan syarat tertentu. Misal jika mitra
usaha mengalami over order, Calibrate Design and Editing bisa membantu dalam
penyelesaian orderan tersebut)
5.
Promosi
Promosi awal dilakukan dengan pembuatan
brousur, dan menyebarkannya di sekolah kampus dan pusat keramaian, serta
melalui sms dan disebarkan ke teman-teman yang akhirnya menjadi iklan mulut ke
mulut.
6.
Produksi
Pelanggan membawa file dari flashdisk/memory card/alat penyimpan lainnya, pelanggan membawa sketsa
atau gambaran design yang diminta, pelanggan juga bisa mendownload gambar dari
internet contoh design yang diminta, selain itu Calibrate Design and Editing juga menyediakan template atau saran design yang bagus
agar memudahkan pelanggan dalam menentukan konsep designnya, tahap selanjutnya
setelah sudah menentuka design yang dipilih lalu data yang sudah masuk kemudian diproses/ditransfer ke komputer lalu di edit sesuai permintaan dari pelanggan. Pelanggan minimal
harus membayar Down Payment (DP) dari design yang dipesan sebagai penjamin terhadap
pesannnya.
7.
Hasil Akhir Produksi
File design atau editing yang sudah jadi akan diberikan kepada pelanggan dalam
bentuk softfile sesuai design dan
ukuran yang dipesan. Selanjutnya pelanggan bisa melunasi sisa pembayaran di
bagian kasir.
8.
Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi
selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 minggu sekali. Evaluasi ini
berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan
evaluasi pelayanan pada pelanggan.
D. KEUNGGULAN PRODUK
Produk jasa yang saya tawarkan ini mempunyai suatu keunggulan
yaitu:
1.
Proses
pengerjaan design menggunakan teknologi komputer sehingga lebih rapi dan lebih
inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
2.
Waktu
pengerjaan relatif cepat dan mudah (tergantung design yang diminta konsumen).
3.
Design dan Editing dapat menyesuaikan sesuai dengan
permintaan pelanggan.
4.
Design yang ditawarkan selalu up to date atau mengikuti trend mode.
5.
Biaya cukup relatif murah dan adanya diskon untuk
pemesanan tertentu, dengan syarat yang berlaku.
6.
Pelanggan bisa komplain terhadap hasil yang kurang
memuaskan pada saat proses editing dan design belum sampai tahap finishing atau
jatuh tempo design jadi.
BAB V ASPEK PEMASARAN
A. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
Profil Target Konsumen
1.
Masyarakat
yang saat ini banyak menggunakan kamera digital, hand phone, atau handycam
untuk mendokumentasikan kejadian-kejadian atau kegiatan kegiatan yang
dilakukannya baik individu maupun organisasi seperti acara seminar, pernikahan,
pelatihan, pameran, atau launching suatu produk.
2.
Pelajar
sekolah/mahasiswa mengadakan acara-acara sekolah/kampus yang membutuhkan kartu nama
dan lain-lain.
3.
Perusahaan
yang membutuhkan media promosi untuk produknya, seperti kartu nama, brousur,
dan poster.
Potensi dan Segmentasi Pasar
1.
Potensi
Pasar
·
Kalangan anak muda, instansi, kampus, sekolah. Itu semua sebagai pasar yang produktif dalam membuat
kegiatan yang membutuhkan jasa design grafis dan editing.
·
Pesatnya
perkembangan teknologi digital saat ini dengan harga yang semakin murah,
menyebabkan semakin banyak masyarakat yang memakai dan memanfaatkan teknologi
tersebut. Sehingga permintaan akan design grafis akan selalu meningkat.
·
Di era
informasi seperti sekarang ini, perusahaan-perusahaan juga akan semakin banyak
yang memanfaatkan jasa disign grafis dan editing dalam menunjang produk-produknya, karena dalam bisnis ini dapat memesan tanpa minimum order serta design yang dapat
diatur sehingga
pelanggan bias memesan sesuai kebutuhan dan sifatnya juga fleksibel.
2.
Segmentasi
Pasar
Segmen utamanya adalah mahasiswa UMK, mahasiswa dari kampus disekitar Kudus, sekolah-sekolah yang ada
di Kudus, pertokoan, perusahaan, dan instansi.
B.
FAKTOR KOMPETITIF
Pesaing dan Peluang Pasar
No
|
Nama Pesaing
|
Produk yang ditawarkan
|
1
|
Makro Studio
|
Studio dan Cetak Foto
|
2
|
Rumah Foto Grafi
|
Studio dan Cetak Foto
|
3
|
Vista Johar
|
Design dan Printing
|
4
|
Laras Printing
|
Editing dan Printing
|
1. Pesaing
2.
Peluang
Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi
permintaan pasar yang cukup besar, dan masih memiliki peluang yang cukup besar juga. Dengan hal
tersebut saya menyadarai bahwa dengan tempat yang strategis, design
yang selalu inovatif/up to date, serta harga yang dapat bersaing menjadi
peluang untuk bisa bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.
C.
RENCANA PENJUALAN
1.
Tahap Promosi Produk
Media-media
promosi produk ini yaitu melalui;
·
Selembaran/Brousur
Membuat selembaran untuk dibagikan di
tempat-tempat yang biasanya di kunjungi masyarakat atau tempat keramaian
seperti di kampus UMK, di toko-toko fotocopy, Indomart/Alfamart dan lain-lain, dengan cara memberikan penawaran berupa
diskon untuk memperkenalkan hasil produksi.
·
Promosi
Langsung (word of mouth)
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman
ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, minta referensi dari
pelanggan yang biasanya
menggunakan layanan design dan editing, serta dengan melakukan
pendekatan melalui pengelola instasi atau sekolah serta memberikan berupa
bonus bagi yang bisa memasarkan produk sesuai ketentuan.
·
Melalui
Sosial Media atau Internet
Mengirim postingan/kiriman/memasang iklan di
facebook, instagram serta di media lainnya mengenai jasa yang ditawarkan.
2.
Target
atau Rencana Pemasaran
Rencana penjualan selama 1 tahun adalah
terjual produk sebanyak –banyaknya. Adapun target saya menjadikan beberapa
tahap pencapaian setelah melihat segmen yang saya bidik:
a.
Triwulan
pertama
1.
Pendekatan
ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan.
2.
Membangun
brand Calibrate Design and Editing.
3.
Promosi
di sekitar kampus.
b.
Triwulan
kedua dan ketiga
1.
Pendekatan
ke instansi.
2.
Mempertahankan
pelanggan yang sudah ada.
c.
Triwulan
keempat dan kelima
1. Mempertahankan target triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkannya.
2.
Memperkuat
brand Calibrate Design and Editing.
3. Pendekatan ke instansi dan perusahaan.
4. Mempertahankan pelanggan.
d.
Triwulan
keenam
1.
Mempertahankan
triwulan pertama sampai kelima dan meningkatkannya
2.
Mempertahankan
pelanggan
3.
Brand Calibrate Design and Editing benar-benar kuat di kawasan Kudus, dan
sekitarnya
4.
Persiapan
modal untuk penambahan peralatan dan pengembangan usaha
Adapun strategi yang ingin diterapkan yaitu;
1.
Diversifikasi
Produk
Mencoba meghadirkan bisnis yang berbeda dengan
bisnis-bisnis yang sudah ada,, yaitu dengan melakukkan inovasi melalui desain yang tidak hanya kreatif, enak
dilihat, tetapi juga desain yang memiliki nilai jual (ekslusif), inovasi dalam bagian pemesanan, yang biasanya
pelanggan dibatasi minimum pemesanan, di Calibrate
Design and Editing ini tidak dibatasi minimum pemesanan. Dengan inovasi
teresebut diharap Calibrate Design and
Editing mempunyai prospek kedepan yang bagus
2.
Tempat
Memilih tempat yang strategis karena
dikelilingi instansi-instansi , sekolah-sekolah, pusat keramaian, pertokoan dan
cukup dekat dengan pasar dan kampus.
3.
Strategi Pelayanan
·
Melayani
pesanan melalui telepon/WA/email/direct message via sosmed
File yang akan
didesign/edit bisa dikirim lewat email tanpa harus datang ke kantor Calibrate Design and Editing.
·
Menyediakan
konsultasi tentang desain. (contoh
design sudah terdapat dimajalah design dikantor Calibrate Design and Editing,
namun contoh juga bisa dikirim melalui email supaya pelanggan tidak harus
datang ke kantor)
·
Memberikan
diskon produk (syarat berlaku).
·
File yang sudah jadi bisa dikirim ke email
pelanggan, tanpa harus pelanggan itu datang ke kantor Calibrate Design and Editing.
·
DP atau pelunasan pembayaran bisa dibayar cast dikantor Calibrate Design and
Editing atau bisa juga melalui transfer.
·
Biaya
rendah ,Strategi ini bukan berarti mengurangi margin
laba tetapi saya mencoba untuk mempertahankan pelanggan yang lama agar tidak
berpindah ke produsen lain (mengikat pelanggan).
D.
ANALISIS SWOT
1.
Strengths (Kekuatan)
Suatu
keunggulan sumber daya, keterampilan atau kemampuan lain terhadap pesaingan dan
kebutuhan pasar yang dilayani, untuk kekuatan dari Calibrate design and editing yaitu :
·
Menggunakan
aplikasi terkini dan terupdate dalam mendesign.
·
Memiliki
beraneka ragam konsep design baik dari konsep creator atau dari sumber internet.
·
Memiliki
sumber daya manusia yang berkompeten di bidang design grafis.
·
Proses
pengerjaan design menggunakan teknologi komputer sehingga lebih rapi dan lebih
inovatif dibandingkan dengan cara konvensional.
·
Waktu
pengerjaan relatif cepat dan mudah (tergantung design yang diminta konsumen).
·
Design dan Editing dapat menyesuaikan sesuai dengan
permintaan pelanggan.
·
Design yang ditawarkan selalu
up to date atau mengikuti trend mode.
·
Biaya cukup relatif murah dan adanya diskon untuk
pemesanan tertentu, dengan syarat yang berlaku.
·
Pelanggan bisa komplain terhadap hasil yang kurang
memuaskan pada saat proses editing
dan design belum sampai tahap finishing atau jatuh tempo design jadi.
2.
Weakness (Kelemahan)
Keterbatasan yang terdapat dalam Calibrate design and editing, dan masih
menjadi kelemahan dalam keberlangsungan usaha :
·
Usaha
yang masih kecil, minim permodalan sehingga berkembangan usahanya tidak bisa cepat.
·
Rata-rata sumber daya manusia atau pekerja memiliki
keahlian design dari proses belajar ototidak/belajar sendiri.
·
Jumlah karyawan yang masih sedikit.
·
Banyaknya kompetitor disekitar tempat usaha.
·
Pemilik, dan karyawan pendukung design dan editing
yang masih berstatus mahasiswa, sehingga jam kerja belum tentu menyesuaikan
waktu luang.
3.
Oportunities (Peluang)
Situasi utama yang
menguntungkan dalam lingkungan usaha pada Calibrate
design and editing yaitu :
·
Usaha cukup fleksibel.
·
Kecilnya biaya promosi, karena promosi lebih
berpusat pada sosial media.
·
Usaha ini selalu dibutuhkan bagi semua kalangan
masyarakat.
·
Lokasi yang strategis dekat pusat keramaian.
·
Relasi yang luas sehingga memudahkan untuk mencari
konsumen.
4.
Threats (Ancaman)
Situasi utama yang tidak
menguntungkan dalam lingkungan usaha meliputi :
·
Pesaing atau kompetitor yang banyak dan
profesional.
·
Kompetitor berani menawarkan promo dan iklan yang
besar.
·
Kompetitor juga menyediakan jasa printing juga,
meskipun bagian editing sebenarnya masih minim.
·
Susahnya untuk berkembang jika modalnya terbatas.
BAB VI RENCANA PENJUALAN
A. INVESTASI
YANG DIPERLUKAN (KEBUTUHAN MODAL DISERTAI PERHITUNGANNYA)
·
Proyeksi
Investasi yang diperlukan dalam Satu Tahun :
No
|
Investasi yang Diperlukan
|
Frek
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Laptop ASUS A45SJ
Scanner
Meja
Kursi
Alat Tulis
Kumpulan software deign dan editor
Mouse
Kabel Data
|
3
1
3
5
1
1
3
2
|
5.100.000
1.000.000
400.000
250.000
150.000
200.000
30.000
15.000
|
15.300.000
1.000.000
1.200.000
1.250.000
150.000
200.000
90.000
30.000
|
Total Investasi yang Diperlukan
|
19.220.000
|
·
Biaya
operasional per bulan
Gaji Pegawai :
Rp 800.000,-
Listrik :
Rp 80.000,-
Biaya Promosi :
Rp 100.000,-
Total
Rp 980.000,-
·
Omset per
bulan
Rata-rata
penjualan design perhari Rp 60.000,- x 30 Hari = Rp
1.800.000,-
·
Laba
bersih per bulan
Rp
1.800.000,- - Rp 980.000,- = Rp 820.000,-
·
BEP
(Modal
awal : Laba bersih per bulan) Rp 19.220.000,- : Rp 820.000,- = 24 Bulan
B. SUMBER MODAL
Sumber modal awal pendirian usaha ini yaitu dengan
melakukan pinjaman pada Bank/Koperasi dengan jangka pinjaman 2 Tahun.
C.
PERHITUNGAN ARUS KAS
1.
Penentuan
Harga Pokok Penjualan (HPP)
Karena harga dari design dan editing ini bervariasi tergantung design yang diminta, kesulitan pengerjaan dan lama proses
designnya. Jadi harga
desain grafis tidak bisa ditentukan, tergantung jenis desain masing-masing.
Untuk harga pada Calibrate
Design and Editing, saya akumulasikan untuk harga design editing
berkisar mulai Rp
30.000,- sampai dengan Rp 150.000,- (harga
menyesuaikan tingkat kesulitan design yang
diminta)
2.
Proyeksi Laba/Rugi
Usaha ini sangatlah
menggiurkan jika pesanan banyak, dengan harga per design adalah sekitar Rp 30.000,- sampai dengan Rp 150.000,- .
Misalnya dengan 1 hari Calibrate Design
and Editing menghasilkan pendapatan minimum Rp 60.000,- X 30 Hari = Rp 1.800.000,- ,dikurangi dengan biaya operasional selama 1 bulan Rp
980.000,- , dengan begitu laba bersih yang didapat adalah Rp 820.000,-/bulan. Dengan total modal Rp 19.220.000,- dalam 24 Bulan
saja Calibrate Design and Editing
sudah bisa balik modal (Rp 820.000,- X 24 Bulan = Rp 19.680.000,-).
Jadi dapat disimpulkan jika sumber dana diperoleh dari pinjaman Bank dalam
tempo pinjaman selama 2 Tahun, maka dalam waktu belum ada 2 Tahun, Calibrate Design and Editing sudah bisa
melunasi pinjaman tersebut termasuk melunasi bunga pinjamannya. Jadi bisa
dikatakan Calibrate Design and Editing
akan mengalami Laba yang
optimum setelah 2 tahun pelunasan pinjaman modal tersebut, hal itu bisa terjadi jika
perencanaan tersebut dapat terealisasikan sesuai rencana. Laba yang ada akan
dipergunakan untuk mengembangan bisnis supaya lebih kompetitif, lebih lengkap
dan menjadi usaha Design dan Editing terbaik dan terpercaya.
BAB VII PENUTUP
Calibrate Design and
Editing merupakan usaha bisnis yang terpercaya, mengutamakan
kepuasan dan permintaan pelanggan. Selain itu calibrate juga selalu berkomitmen
pada misi dan visinya seperti yang tertera diatas, yang intinya Calibrate
Design and Editing berkomitmen untuk menjadi usaha industri kreatif, inovatif, selalu up to date dan bonafide. Harapan saya dengan komitmen Calibrate Design and Editor itu sendiri ditambah peluang pasar yang
selalu terbuka dan permintaan yang selalu meningkat, saya yakin bisnis ini bisa
fleksibel dan selalu ikut andil dalam pemajuan industri kreatif di Indonesia
dan menjadi penyumbang perekonomian di Indonesia.
0 comments: